Infromasi Bermanfaat Dari Media ZaCodeD.com

Menjelang waktu melahirkan, bumil biasanya semakin direpotkan dengan berbagai persiapan. Misalnya saja mencari klinik persiapan persalinan terdekat yang membantu mereka mengambil tindakan cepat saat mengalami kontraksi. Namun, masih ada hal-hal lain yang sebaiknya Anda dan pasangan pertimbangkan untuk melancarkan proses bersalin.



Kenali waktu dan tanda menjelang persalinan


Disitat dari NicHD, sebagian besar bumil menghadapi persalinan pada minggu ke-37 hingga ke-42 kehamilan. Akan tetapi, persalinan yang terjadi sebelum minggu ke-37 berisiko menyebabkan bayi lahir secara prematur. Risiko ini bisa diantisipasi oleh pemeriksaan awal meski dalam beberapa kasus kelahiran prematur terjadi tiba-tiba karena kondisi sang ibu.


Pada bumil yang melahirkan secara normal dengan kondisi kehamilan yang jarang bermasalah, entah dari segi sang ibu maupun janin, biasanya hanya membutuhkan waktu hitungan jam sampai bayi berhasil dilahirkan. Walau demikian, proses ini bakal menguji stamina sang ibu, baik dari segi fisik maupun mental.


Maka dari itu, bumil harus mengenali tanda-tanda persalinan untuk antisipasi. Adapun tanda-tanda yang dapat Anda kenali adalah kontraksi, ketuban pecah, sakit punggung, dan meningkatnya frekuensi untuk pergi ke toilet. Namun untuk memastikannya, Anda harus berkonsultasi dengan dokter kandungan tepercaya.


Persiapan lain yang harus disiapkan sebelum bersalin


Selain mengenali tanda dan menemukan klinik yang sesuai, berikut persiapan-persiapan lain yang bumil dan pasangan sebaiknya lakukan:


·         Terus cari informasi seputar persalinan. Mengetahui tanda-tanda melahirkan saja belum cukup mempersiapkan Anda menghadapi persalinan. Mempelajari teknik pernapasan, mengonsumsi makanan sehat, dan memastikan Anda punya emotional support juga akan membantu Anda menghadapi prosesnya;

·         Siapkan diri untuk menghadapi nyerinya melahirkan. Nyeri yang dialami saat hendak maupun sedang melahirkan tak jarang membuat sebagian besar bumil takut masuk ke ruang bersalin. Namun, Anda tak perlu cemas karena ada metode yang dapat dipraktikkan untuk mengurangi rasa sakit tersebut;

·         Kumpulkan kebutuhan persalinan. Di hari persalinan, Anda dan pasangan pasti repot sampai tak memperhatikan kebutuhan apa saja yang harus dibawa ke klinik atau rumah sakit. Untuk itu, siapkan kebutuhan sejak jauh-jauh hari. Perlengkapan yang sebaiknya dibawa mencakup pakaian ganti, perlengkapan menyusui, serta makanan dan minuman;

·         Siapkan mental dan antisipasi kemungkinan terburuk. Tak jarang bumil menghadapi situasi buruk yang bahkan dokter tak perkirakan sebelumnya. Meski begitu, Anda beserta pasangan harus menyiapkan mental dan solusi yang bisa mengatasinya. Tekanan pikiran berlebih bisa berisiko menyulitkan bumil melahirkan dan memperpanjang prosesnya.


Setiap calon ibu akan menghadapi masa persiapan berbeda. Menemukan dokter terpercayasejak awal dapat menekan risiko hingga hari kelahiran tiba. Jadi, bumil pun dapat lebih fokus menyiapkan dirinya sebagai orangtua yang baik bersama pasangan.

No comments:

Post a Comment

Bottom Ad [Post Page]

| Designed by Colorlib